Fungsi accelerometer & gyroscope pada Smartphone Android

Fungsi accelerometer & gyroscope pada Smartphone Android
accelerometer | andromin

Mungkin sobat andromin ada yang udah pernah mendengar dan menggunakan fitur accelerometer & gyroscope, tetapi mungkin belum tau arti dan fungsi dari fitur tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sobat andromin tentang arti dan fungsi dari accelerometer & gyroscope.

Langsung aja tanpa basa basi hahahha biar sobat andromin ga penasaran :-)

1. Accelerometer 
Accelerometer adalah sebuah sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu objek. Accelometer berfungsi mengukur percepatan dynamic dan static. so apa itu yang dimaksud dari mengukur dynamic dan static, Pengukuran dynamic adalah pengukuran percepatan pada objek bergerak, sedangkan pengukuran static adalah pengukuran terhadap gravitasi bumi. Untuk mengukur sudut kemiringan, pasti sobat andromin yang ga bolos pada pelajaran IPA tau maksudnya hehehe. 

Terus Prinsip kerja dari Accelerometer bagaimana?

Prinsip kerja yang digunakan adalah prinsip percepatan (acceleration). Sebuah per dengan beban dan dilepaskan, beban bergerak dengan suatu percepatan sampai kondisi tertentu akan berhenti. Bila ada sesuatu yang menggoncangkannya maka beban akan berayun kembali.

Pengukuran  kapasitansi inilah yang umumnya menjadi hasil pengukuran chip. Agar sensor bisa mendeteksi 3 dimensi, maka dibutuhkan 3 pasang plat yang dipasang tegak lurus antar masing- masing. Maka sensor ini bisa mendeteksi gerak alunan lagu anak “geser kiri, geser kanan, putar ke kiri putar ke kanan , lompat ke depan lompat kebelakang Hap langsung ditangkap...ehhh malah nyanyi”.

Baca Juga artikel menarik ini :
- Infinite Flight Simulator Apk Game Simulator Pesawat Terbang
- Nonton film di Android dengan Subtitle Menggunakan Easy Subtitles Apk
Apa sih fungsi dari accelerometer....?????

Fungsi Accelerometer antara lain yaitu :
1.     Accelerometer ponsel ada yang namanya fungsi shake control,dengan fungsi ini maka dengan hanya menggoyangkan ponsel kita bisa mengubah fitur, misalnya mengubah lagu yang sedang di putar ke lagu selanjutnya atau lagu sebelumnya.

2.    permainan video menggunakan kontroler Wii Remote disebut yang berisi accelerometer dan dirancang terutama untuk input gerak. Pengguna juga memiliki pilihan untuk membeli sebuah gerak-sensitif tambahan lampiran, sehingga masukan gerak bisa dicatat dari kedua tangan pengguna.

3.    Untuk  kontrol antarmuka pengguna, sering accelerometer digunakan untuk menyajikan pandangan landscape atau potret layar perangkat, berdasarkan cara perangkat sedang diadakan. Misalnya mengganti tampilan layar dari vertical (portrait) menjadi horizontal (landscape).

4.    Kamera video juga memanfaatkan accelerometer untuk menstabilkan tangkapan gambar (image stabilization), untuk anti-blur saat menangkap gambar.

5.    Pada  kamera foto memanfaatkannya untuk mencegah hasil pemotretan buram. Contoh penggunaan aplikasi ini adalah seperti yang terdapat pada Nokia N95. Beberapa kamera digital seperti Canon PowerShot dan Ixus dilengkapi dengan accelerometer untuk mengatur format foto dan merotasi hasil pemotretan saat preview.

6.    Penggunaan lain accelerometer adalah sebagai pedometer , atau penghitung langkah. Dipakai di banyak gadget sebagai monitor banyaknya langkah saat berolah raga. Apple dan Nike bekerjasama mengeluarkan produk sepatu yang bisa berkomunikasi dengan pemutar lagu Ipod, mengirimkan banyak langkah, jumlah kalori terbakar, waktu bergerak.

Kelebihan dan Kekurangan Accelerometer yaitu:
1.     Hanya dapat membacaca dalam 2 sumbu, yaitu atas dan bawah karena d pengaruhi oleh gravitasi.

2.    Membutuhkan penggunaan listrik yang tinggi(boros baterai).

3.    Gerakan lebih patah-patah/ tidak halus seperti pada gyroscope.

4.    accelerometer tidak bisa mengikuti pergerakan yang cepat dikarenakan responnya yang lamban.

5.    Accelerometer dapat memberikan pengukuran sudut tegak lurus yang akurat ketika  sistem sedang diam (statis)

Gimana sobat andromin dan mulai paham kan tentang arti dan Fungsi Accelerometer, sekarang kita berlanjut pada pelajaran berikutnya anak-anak (berlagak kayak guru TK) yaitu Pengertian tentang Gyroscope.


Gyroscope android | andromin

2. Gyroscope

Apa itu gyroscope?
gyroscope atau Gyro adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan didalamya yang tetap stabil. Giroskop sering digunakan pada robot atau heli dan alat-alat cangggih lainnya.
Gyroscope adalah berupa sensor gyro untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu.Jadi bagaimana dengan Giro sensor? Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan penngguna. sobat bisa membayangkan sebuah game pertempuran, sebelum ada gyroscope bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, tetapi dengan menggunakan gyro sensor ini sobat cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D sobat cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata. apalagi sobat memainkannya menggunakan alat yang namanya vr glasses bisa membuat sobat andromin sedang berada dalam permainan itu.


vr glasses | andromin

Bagaimana Prinsip kerja Gyroscope ?

Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna.

Gyroscope pada penelitian ini digunakan untuk mengukur sumbu rotasi roket. Sebelum digunakan, sensor gyroscope terlebih dahulu dilakukan proses kalibrasi dengan menggunakan bandul. Proses kalibrasi tersebut berfungsi untuk memperoleh nilai faktor kalibrasi. Gyroscope memiliki keluaran berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yaitu: sumbu x yang nantinya akan menjadi sudut phi (kana dan kiri) dari sumbu y nantinya menjadi sudut theta (atas dan bawah), dan sumbu z nantinya menjadi sudut psi (depan dan belakang).

Kegunaan dari gyroscope pada pengembangan teknologi & Smartphone yaitu: 

1.     Di masa lalu, gyro telah digunakan untuk ruang navigasi, kontrol rudal, di bawah bimbingan-air, dan bimbingan penerbangan.

2.    Sebuah gyro di sisi lain memiliki kemampuan mengukur tingkat rotasi di sekitar sumbu tertentu. Sebagai contoh jika giroskop yang digunakan untuk mengukur laju rotasi di sekitar sumbu gulungan pesawat terbang.

3.    Penggunaan Gyro pada game antara lain untuk game pertempuran, sebelum ini bila kita ingin melihat situasi sekeliling, kita akan menyapu layar searah terus menerus untuk berputar, dengan gyro sensor ini kita cukup berputar sesuai gravitasi seperti benar-benar melihat sekeliling. Atau bila melihat sebuah obyek 3D kita cukup berputar untuk melihat setiap sudut obyek tersebut. Tentu ini adalah sebuah metode yang menghasilkan pengalaman seolah nyata.

4.    Biasanya gyro yang digunakan untuk mengukur posisi sudut didasarkan pada prinsip kekakuan ruang giroskop. Sebuah giroskop telah banyak aplikasi praktis. Sekarang mereka mulai digunakan bersama akselerometer untuk aplikasi seperti gerak-capture dan navigasi kendaraan

dibandingkan dengan accelerometer gyroscope punya Kelebihan dan kekurangan antara lainnya adalah

1. Harganya yang mahal.
2. Hanya dapat digunakan jika ada accelerator.
3. Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah.
4. Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/ tidak patah-patah seperti pada accelerometer.
5. Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.

Mungkin cukup sekian dulu pelajaran fisika tentang accelerometer dan gyroscope dan semoga dengan membaca artikel ini sobat andromin jadi lebih tahu tentang kegunaan accelerometer dan gyroscope pada smartphone, dan terimakasih untuk kunjungannya.

Info

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

1 Response to "Fungsi accelerometer & gyroscope pada Smartphone Android"

hifzhel said...

Kalo hp yg ada gyro nya merk apa ya sob?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel