Jenis Kode Error pada Android Serta Cara Mengatasinya

Jenis Kode Error pada Android Serta Cara Mengatasinya
Beberapa Kode error Google Play Store pada Android serta Cara Mengatasinya - Sobat andromin pengguna smarphone android pasti sering menemukan beberapa kode error yang terjadi pada HP Android. Apalagi sobat andromin yang sering mendownload aplikasi atau game gratis melalui google play store yang ada pada smartphone android, pasti pernah atau sering melihat pesan error atau kode kesalahan waktu menginstal atau mendownload aplikasi dari Google Play. 

Kode error pada android serta cara mengatasinya | andromin.com

Walaupun jarang terjadi, pesan kode error yang muncul saat melakukan download atau penginstalan membuat banyak pengguna Android merasa kebingungan dikerenakan tidak adanya penjelasan atau cara untuk mengatasi error tersebut. 

Baca juga Artikel Menarik berikut ini :
Kode Rahasia Yang Tersembunyi Pada Android
- Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca Atau Rusak
Pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan penjelasan tentang beberapa kode error yang ada di android berserta cara mengatasinya.

Kode error 491 pada Google Play
- Kesalahan : download dan update (mungkin).
- Solusi : Hapus account google Anda diponsel dengan cara pergi ke pengaturan perangkat -> account google. Setelah itu Reboot android Anda dan masukan akun Google Anda lagi. Jika masih belum dapat teratasi, masuk ke pengaturan -> apps (aplikasi) dan hentikan penggunaan data disetiap aplikasi yang berjalan.

Kode error 498 pada Google Play
- Kesalahan: Gagal download
- Penyebab: Cache atau memori perangkat Anda penuh
- Solusi: Hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart smartphone Anda dalam mode recovery, caranya matikan dulu ponsel Anda, setelah itu tekan volume bawah, tombol power dan home (untuk perangkat samsung) atau volume bawah dan power (untuk sebagian besar perangkat lain) secara bersamaan. Mode ini memberikan beberapa pilihan. Pilih hapus partisi cache dengan navigasi volume ponsel Android Anda dan tekan tombol power OK!.

Kode error 919 pada Google Play
- Kesalahan: aplikasi tidak berjalan setelah di download.
- Penyebab: Memori tidak cukup
- Solusi: Hapus semua data yang tidak perlu, seperti Musik, video atau aplikasi besar.

Kode error 413 pada Google Play
- Kesalahan: Gagal download atau update
- Penyebab: Memori proxy penuh
- Solusi: Masuk pengaturan -> aplikasi -> semua aplikasi -> layanan Google dan hentikan penggunaan data aplikasi. Lakukan hal yang sama dengan menghapus cache di browser internet Anda.

Kode error 923 pada Google Play
- Kesalahan: Gagal download
- Penyebab: Error saat sinkronisasi akun google atau memori cache tidak cukup.
- Solusi: Hapus account google Anda dan menghapus aplikasi yang tidak berguna yang memori penuh. Selanjutnya, reboot perangkat Anda dalam modus pemulihan (Recovery Mode). Pilih hapus partisi cache dan memulai perangkat Anda seperti biasa. Jangan khawatir, data pribadi Anda tidak akan terhapus dan silahkan atur account google Anda sekali lagi.

Kode error 921 pada Google Play
- Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Solusi: Coba hapus cache aplikasi Google Play Store. Jika ini tidak berhasil, hapus semua data aplikasi Play Store, tapi harap diketahui bahwa ini berakibat hilangnya semua pengaturan yang telah Anda buat di Google Play Store. Sebagai usaha terakhir, hapus account google Anda, restart perangkat dan masukkan lagi.

Kode error 403 pada Google Play
- Kesalahan: Gagal download.
- Penyebab: Hal ini biasanya terjadi ketika dua account google Anda digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.
- Solusi: Masuk Google Play Store dengan akun google yang benar. Uninstall aplikasi yang bersangkutan. Berikutnya, coba men-download aplikasi dari google play store lagi dan klik tombol pembelian.

Kode error 492 pada Google Play
- Kesalahan: tidak dapat menginstal aplikasi karena cache Dalvik.
- Solusi: hentikan layanan data google dan lakukan hal yang sama pada aplikasi google play store.
- Catatan: Jika masalah tersebut belum terpecahkan, coba hapus cache Dalvik. Untuk melakukannya, masuk ke mode recovery kustom (hanya untuk ponsel Android yang telah di root). Solusi lainnya adalah untuk melengkapi data wipe / factory reset. Pilihan ini berlaku untuk semua pengguna dan dapat dilakukan dalam mode recovery. Hati-hati, cara ini akan menghapus data Anda, jadi pastikan Anda telah membuat cadangan semua data Anda.

Kode error 927 pada Google Play
- Kesalahan: Tidak bisa download
- Penyebab: update aplikasi google play store sedang berlangsung.
- Solusi: tunggu beberapa menit sampai update selesai. Jika masalah terus berlanjut, masuk ke setting -> aplikasi dan hentika semua layanan data google. Lakukan hal yang sama pad aplikasi google play store.

Kode error 101 pada Google Play
- Kesalahan: Tidak bisa download aplikasi atau games di google play store
- Penyebab: Anda memiliki banyak aplikasi yang telah terinstal
- Solusi: Hapus aplikasi yang tidak berguna atau hapus account google Anda dan re-login (login ulang)

Kode error 481 pada Google Play
- Kesalahan: akun google Anda bermasalah
- Solusi: menghapus account Anda dan menggunakan akun lainnya

Kode error 911 pada Google Play
- Kesalahan: aplikasi tidak dapat diunduh
- solusi:
1. Hapus chace dan history aplikasi goole play.
2. Jika Anda menggunakan koneksi wifi yang membutuhkan login halaman web, maka otentikasi Anda mungkin telah kedaluwarsa. Masuk ke apn Anda melalui browser android, buka google play store dan jalankan update aplikasi. Jika itu tidak berhasil masalahnya ada pada jaringan wifi tersebut.
3. Cukup beralih ke jaringan wifi lain dan menjalankan update. Kesalahan 911 harus menghilang untuk jaringan wifi baru.
4. Gunakan layanan data jaringan mobile Anda bukan wifi. Matikan wifi, ubah pengaturan data Anda dan coba download / memperbarui aplikasi atau game ponsel Anda. Tapi, metode ini hanya cocok untuk aplikasi dan game yang berukuran kecil. Untuk update yang lebih besar Anda harus menggunakan jaringan wifi Anda untuk menghemat biaya data.

Kode error 919 pada Google Play
- Kesalahan: tidak bisa memasang aplikasi
- Solusi: Ubah pengaturan apn Anda

Kode error 920 pada Google Play
-Kesalahan: aplikasi tidak dapat diunduh.
- Solusi:
Cara 1: matikan wi-fi dan ubah pengaturan wi-fi Anda di google paly untuk menginstal atau update aplikasi
Cara 2: hapus account google Anda, restart ponsel dan masukan kembali akun google Anda di pengaturan. Jika masih belum berhasil, lakukan lagi cara tersebut dan gunakan akun yang berbeda. Jalankan google play store dan download aplikasi Anda.
Cara 3: hapus cache dan data di aplikasi google play, sekarang dari tab yang sama uninstall update aplikasi tersebut. Restart ponsel, buka aplikasi google play Anda dan instal aplikasi tersebut.

Kode error 941 pada Google Play
- Kesalahan: erro ketika mencoba untuk menjalankan pembaruan
- Solusi: hapus cache dan data aplikasi google play, cache dan data download manager

Kode error 504 dan 495 pada Google Play
- Kesalahan: App tidak dapat diunduh
- Solusi: Cara 1: hapus cache app google play dan kerangka layanan google.
Cara 2: hapus account gmail, rebbot dan masukan lagi

Kode error rh01 pada Google Play
- Kesalahan: pengambilan informasi dari server error.
- Solusi: hapus cache dan data app google play dan browser google. Hapus account gmail Anda dan masukan lagi.

Kode error rpc: s-5: AEC-0 pada Google Play
- Kesalahan: server error.
- Solusi: Pengaturan sistem terbuka (root), hapus cache dan update uninstall aplikasi google play, download manager dan browser google.

Kode error -24 pada Google Play
- Kesalahan: Costom room ponsel root (kitkat)
- Solusi: gunakan dan atur file manager root,  Cari nama paket aplikasi yang ingin Anda instal (Tidak tahu nama paket aplikasi? cari di Google Play Store dan URL pengembang). Hapus folder itu aplikasi tersebut dan cobalah untuk menginstal aplikasi Anda lagi, itu harus bekerja sekarang

Package file invalid 
- Kesalahan: masalah server google play store
- Solusi: Cara 1: untuk update error, hapus cache dan data aplikasi google play dan update app tersebut. Cara 2: Instal aplikasi melalui situs google paly. Cara 3: Matikan wi-fi dan gunakan jaringan 3G atau 4G untuk menginstal atau update. Cara 4: Hapus cache dan data app google play & broser google, atau hapus akun Google, Restart dan masukan akun google Anda kembali.

Installation unssuccesful error
- Kesalahan: gagal menginstal
- Solusi: Uninstall dan instal ulang aplikasi, hapus cache pasar, Uninstall update google play, unmount sdcard kemudia instal aplikasi. Banyak yang telah berhasil menyelesaikan masalah ini dengan unmounting sdcards mereka sebelum menjalankan pembaruan di google play. Hapus folder .android_secure.

Download unsuccessful errors
- Solusi:
Cara 1: Buka settings download unsuccessful errors di app google play -> pengatura aplikasi atau apps -> pilih semua aplikasi -> pilih google play dari daftar ->  force stop, hapus cache dan data aplikasi google play, layanan dan google account manager dari daftar aplikasi. Buka google play dan Anda akan diminta untuk sign in. Masuk dengan akun gmail Anda dan download aplikasi atau permainan yang Anda cari.

Catatan: Dari daftar aplikasi, Anda mungkin juga harus menghapus data untuk "layanan google play, aplikasi google (download atau pembaruan), browser, download dan download manager (dalam kasus men-download melalui browser). Anda juga dapat menggunakan metode yang sama seperti kesalahan "df-bpa-09".

Cara alternatif: Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk menghapus akun gmail Anda dari pengaturan Recovery. Namun, menghapus account gmail primer akan membutuhkan kode reset pabrik kecuali ponsel Anda telah di root.

Dengan asumsi perangkat Anda di root, ikuti cara dibawah ini tentang cara menghapus akun gmail Anda.
1. Hapus cache dan data aplikasi google play.
2. Restart perangkat android Anda.
3. Tambahkan account gmail Anda (Pengaturan-> accounts-> menambahkan akun), buka aplikasi google play, login dan download aplikasi yang Anda cari.

Jika cara di atas gagal, ikuti cara berikut ini:
1. Hapus cache dan layanan google play.
2. Uninstall update dari google play dan layanan google play.
3. Hapus account Anda dan masukan lagi (gunakan akun lainnya jika gagal).
4. Flashing GAPPS. Kemudian masuk
Jika masih tetap gagal, penyebab utama kesalahan ini adalah kecepatan koneksi internet yang lambat.

Error rpc: AEC: 0
- Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Solusi: Hapus account google, semua account yang disinkronkan, data playstore dan reboot.

RPC: S-3 
- Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Penyebab: Gagal menggambil informasi dari server
- Solusi: Hapus account google dan masukan lagi dengan akun yang sama atau akun lainnya.

Nah, Itu tadi beberapa macam kode error yang sering di temui pada google play store android beserta cara mengatasinya, semoga artikel ini bisa membantu sobat andromin yang sering menemukan kode error pada smartphone android sobat.
Info

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Jenis Kode Error pada Android Serta Cara Mengatasinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel