Cara Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER Tanpa PC

Cara Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER Tanpa PC
Cara Instal Custom ROM tanpa PC - bagi sobat andromin yang instal custom ROM di HP android sobat tapi tanpa menggunakan PC, kali ini mimin akan membagikan caranya. Tetapi terlebih dahulu sobat harus sudah mempunyai ROM yang cocok untuk perangkat android sobat agar nantinya ROM tersebut bisa bekerja dengan baik di perangkat android kalian.

Sebelum menginstal Custom ROM ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan antara lain alangkah baiknya jika sobat backup dulu ROM yang sobat pakai sekarang agar jika nanti sobat menemukan masalah setelah flashing custom ROM, sobat bisa mengembalikan ponsel android sobat ke kondisi seperti semula sebelum di custom ROM.

Baca juga Artikel Menarik berikut ini :
Cara Mudah ROOT Semua Jenis Android Tanpa PC menggunakan Framaroot
- Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Android tanpa ROOT
Setelah sobat membackup ROM yang sobat pakai saat ini, sekarang saatnya sobat juga harus memback up aplikasi yang ada di perangkat android sobat, nomer kontak teman sobat yang ada di ponsel android sobat agar tidak kehilangan kontak dengan temen-temen deket sobat, nomer IMEI android sobat juga jangan lupa harus di backup.

Sobat juga haru mencharger HP android yang akan sobat ganti ROMnya agar tidak kehabisan saat menginstal custem ROM, aktifkan juga mode USB Debugging.

Setelah langkah-langkah keamanan di atas sobat lakukan, sekarang waktunya untuk melakukan Custom ROM pada perangkat android sobat. Sebenarnya ada beberapa cara untuk Menginstal Custom ROM tetapi menurut mimin yang paling mudah dan tidak ribet adalah melalui ROM MANGER.

Berikut ini Tahapan-tahapan menginstal CUSTOM ROM menggunakan ROM MANAGER
1. Pertama, sobat terlebih dahulu harus mendownload aplikasi ROM MANAGER (sobat bisa mendownloadnya melalui link donwload di bawah artikel ini)
2. Setelah selesai mendownload aplikasi rom manager, langkah selanjutnya sobat instal aplikasi tersebut di perangkat android sobat
3. Jalankan Aplikasi ROM MANAGER, kemudian dari menu utama aplikasi ROM Manager sobat pilih "Flash ClockworkMod Recovery"

Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER | andromin

4. Lalu sobat akan diminta untuk mengkonfirmasi model dari ponsel android sobat, pilih model yang sesuai dengan ponsel android sobat, jika ponsel android sobat tidak ada di daftar sebaiknya sobat lewati langkah tersebut kemudian ponsel akan reboot dan flash CWM
5. Sebelum sobat mengistal custom rom, untuk berjaga-jaga mimin menyarankan untuk membuat backup rom sobat saat ini dengan memilih "Backup Rom Now"

Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER | andromin

6. Berikan nama pada Backup rom lalu klik OK

Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER | andromin

7. Kemudian sobat akan diminta untuk memungkinkan ROM Manager mengakses super user, tekan "Allow" untuk memberikan izin, proses backup ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
8. Setelah selesai proses backupnya, buka kembali aplikasi ROM manager dan pilih "Instal ROM from SD Card"

Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER | andromin

9. Cari folder di sd card dimana sobat meletakan file rom customnya yang berformat .zip. lalu sobat akan melihat pop up muncul dengan 3 buah pilihan seperti gambar di bawah ini.

Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER | andromin

10. Pilih atau Centang "Wipe Data and Cache" dan "Wipe Dalvik" kemudian klik OK
11. Ponsel android sobat otomatis akan melakukan reboot dan mulai menginstal custom ROM, dan proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit jadi di mohon kesabarannya dan jangan mudah panik
12. Setelah ponsel android sobat selesai melakukan boot, sobat akan dimintai untuk memasukan rincian akun Google sobat. dan proses penggantian ROM telah selesai.

Itulah tadi di atas cara mudah untuk instal custom ROM tanpa PC hanya menggunakan Aplikasi ROM Manager, semoga bisa membantu sobat andromin yang kesulitan dalam menginstal custom rom.

Download Link ROM Manager Apk
Tips dan Trik

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Cara Instal Custom ROM Menggunakan ROM MANAGER Tanpa PC"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel