Cara Mudah Mengganti ROM di Semua HP Xiaomi tanpa Komputer

Cara Mudah Mengganti ROM di Semua HP Xiaomi tanpa Komputer
Cara Mengganti ROM di Xiaomi - Siapa yang tidak tahu xiaomi?? salah satu produsen smartphone asal tiongkok ini sedang booming dengan hadirnya smartphone kualitas high end tetapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan di Indonesia banyak sekali orang-orang yang menggunakan smartphone buatan xiaomi ini.

Salah satu permasalahan dari smartphone xiaomi ini yaitu dengan banyaknya Hp Xiaomi yang menggunakan ROM abal-abal atau ROM distributor, terus apa itu ROM??

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

ROM - Read Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum bisa diartikan  sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama ) .

Baca juga Artikel Menarik ini :
- Cara Instal Custom ROM Menggunakan ROM manager Tanpa PC
- Keuntungan dan Kerugian Melakukan ROOT pada Android
Kerugian dalam menggunakan ROM abal-abal atau distributor di smartphone Xiaomi yang banyak di keluhkan para penggunanya antara lain adalah tidak bisa mendapatkan pembaharuan secara OTA di HP xiaomi, banyak aplikasi-aplikasi penting yang ada di HP xiaomi tidak ada atau tidak berfungsi. Terus gimana caranya untuk merubah ROM abal-abal atau distributor ke ROM resmi dari XIaomi?? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya untuk merubah ROM Distributor ke ROM Resmi yang saya kutip dari teknikit.com

Cara Mudah Mengganti ROM Xiaomi :
1. Silakan terlebih dahulu sobat download ROM terbaru yang sesuai dengan tipe Hp xiaomi sobat, silakan sobat downloadnya di link ini http://en.miui.com/download.html

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

2. Setelah download ROMnya selesai sobat taruh hasil downloadan ROM tersebut di memori internal (phone storage)

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

3. Kemudian sobat masuk ke recovery mode. Caranya sebagai berikut
masuk ke Tools >> Updater >> klik kanan atas (options) >> Reboot to Recovery mode. Setelah ini ponsel akan mati dan masuk ke recovery mode.

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

4. Setelah sobat masuk recovery mode touch screen untuk sementara tidak akan berfungi, untuk mengkontrolnya silakan sobat gunakan tombol volume up untuk menggeser ke atas dan tombol volume down untuk ke bawah, dan tombol power untuk masuk (memilih). Sobat pilih dulu bahasa English kemudian pilih Wipe & Reset.

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

5. Tahap ini mohon untuk di perhatikan yang di-wipe adalah Wipe Cache dan Wipe User Data. Jangan pilih Wipe All Data, nanti data akan terhapus semua termasuk file update.zip tadi malah hilang.
Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin


6. Setelah proses wipe berhasil, silakan sobat sekarang kembali ke menu utama, pilih Install update.zip to System >> YES maka proses install update MIUI akan berlangsung.

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

7. Silakan sobat tunggu sampai proses install MIUI selesai, biasanya setelah sampai di proses 99% untuk ke 100% akan berlangsung lebih lama atau mentok di 99%, ini normal jadi silakan sobat tunggu saja sampai proses update komplit.

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin

8. Jika proses update completed, sekarang sobat pilih Reboot >> Reboot to system, maka ponsel akan melakukan restart. Tunggu sampai ponsel restart dan muncul logo MI, biasanya agak lama dari pada restart biasa karena ini adalah update sistem. Setelah ponsel nyala sekarang anda bisa menikmati tampilan baru Xiaomi dari ROM Resminya. silakan sobat nikmati fitur-fitur yang ada pada ROM resmi tersebut.

Cara Mudah Mengganti ROM | andromin


Catatan : bagi sobat yang mengalami gagal update atau ganti ROM karena signature failed dengan cara di atas biasanya HP Xiaomi sobat sudah di root sebelumnya walaupun sudah di unroot lagi, alternatif selanjutnya adalah lewat flash lewat TWRP. Jika flash lewat TWRP masih juga gagal, alternatif terakhir berarti clean install ROM baru, entah itu mau clean install MIUI 6 atau MIUI 7. Yang pasti jika sobat sudah melakukan clean install biasanya akan mudah update ROM lewat Mi Recovery. Tetap, syarat untuk bisa update lewat Mi Recovery ponsel sobat belum pernah diroot sama sekali.

ROM Tips dan Trik

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Cara Mudah Mengganti ROM di Semua HP Xiaomi tanpa Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel